Headlines News :
Home » , » Lampu Hias Limbah Onderdil

Lampu Hias Limbah Onderdil

Written By __.elang.__ on Sunday, June 3, 2012 | 22:19

pengalaman ini bisa menginspirasi anda, supaya lebih peka melihat peluang usaha

Bagi sebagian orang, onderdil bekas mobil, motor, atau sepeda, mungkin hanya barang rongsokan, yang tidak memiliki nilai. Namun, ditangan seorang kreatif, barang rongsokan tersebut, ternyata dapat dikreasi menjadi barang bernilai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Dengan ide kreatifnya, Amin Hamidan, warga Bojongsoang, Kabupaten Bandung merangkai limbah mobil, motor, dan sepeda, menjadi lampu hias yang unik dan menarik. Usaha kreatif tersebut dirintis Amin sejak tahun 2000 lalu. Ia mulai berekperimen membentuk lampu hias dari berbagai limbah onderdil yang dibelinya dari tukang loak.

Dari keterampilan ini, Amin bisa menghidupi keluarganya. Usahanya terus berkembang, bahkan kini dibantu tiga orang karyawan. Lampu hias kreasi amin telah dipasarkan ke luar negeri, seperti Yunani, Spanyol, Belanda, Jepang, Taiwan, hingga Amerika.

Dalam sehari, Amin bisa menyelesaikan lampu hias sebanyak tiga buah. Harga untuk satu lampu hias bervariasi, mulai dari 800 ribu hingga 3,5 juta rupiah.

Proses pembuatan lampu hias ini, terbilang tidak terlalu rumit. Dimulai dengan memilah onderdil, kemudian satu per satu dibersihkan dengan minyak tanah atau bensin. Selanjutnya, dirangkai dengan sentuhan kreatif.

Setelah terbentuk, lampu hias dicat, lalu dilengkapi instalasi listrik. Lampu hias semakin cantik saat ditambahkan tudung lampu dan siap dipasarkan.

Mudah bukan? (*dani)

***
Bengkel Kreasi Amin Hamidan
Perum Bumi Bakti Abadi, Bojongsoang, Kabupaten Bandung.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BandungDua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger