Headlines News :
Home » » TALAGA PATENGAN

TALAGA PATENGAN

Written By __.elang.__ on Saturday, April 28, 2012 | 12:32

Memasuki kawasan bandung selatan, anda akan menemui satu lokasi wisata yang menyuguhkan keindahan alam nan eksotis - danau patengan -  atau lebih dikenal dengan julukan situ patenggang. Danau yang dikelilingi perkebunan teh Rancabali ini bisa menjadi lokasi alternatif bagi anda dan keluarga untuk berlibur.

Ciwidey merupakan kawasan pegunungan yang terletak di sebelah selatan kota bandung, yang memiliki sejuta pesona alam yang memikat,  diantaranya adalah telaga patengan atau yang lebih akrab dijuluki situ patenggang, yang dikelilingi perkebunan teh rancabali.

Hanya dengan menempuh jarak 47 kilometer dari pusat kota bandung, danau seluas 150 hektar ini memang kerap menjadi tujuan bagi para wisatawan, baik dari dalam maupun luar kota bandung, disamping objek wisata lainnya seperti, Kawah Putih dan pemandian air panas Cimanggu.

Menurut kutipan sejarah, nama situ patengan berawal dari istilah sunda yaitu “pateang-teangan”  yang berarti saling mencari. Dikisahkan seorang putra prabu bernama Ki Santang, dan putri titisan dewi bernama Dewi Rengganis yang saling mencintai, namun terpisah sekian lamanya, hingga akhirnya bertemu di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan Batu Cinta, yang lokasinya terletak di tengah -tengah situ (danau). Konon jika kita singgah ke batu cinta, kita akan mendapati cinta yang abadi seperti mereka.

Untuk menuju ke batu cinta, para pengunjung harus menaiki perahu yang sudah disediakan masyarakat setempat di pinggir situ.
Saat ini jumlah pengunjung yang datang ke kawasan ini mulai terlihat sepi tidak seperti tahun tahun sebelumnya, banyaknya objek wisata yang dikelola perusahaan swasta menjadi salah satu faktor sepinya pengunjung.

Jika anda dan keluarga kebetulan hendak berlibur ke bandung, tidak ada salahnya mengunjungi salah satu kawasan wisata yang ada di bandung selatan ini. (bmf)


Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BandungDua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger