Headlines News :
Home » » Kilometer Nol Kota Bandung

Kilometer Nol Kota Bandung

Written By __.elang.__ on Wednesday, May 30, 2012 | 20:26

Selalu ada titik yang menjadi awal. Begitu juga berdirinya sebuah kota, kapan berdiri, siapa yang membangun, batas wilayah, serta titik pusat kota. Nah, bagi brader dan sister orang Bandung atau yang melancong ke bandung, tahukah dimana titik pusat kota bandung berdasarkan luasnya wilayah?

Titik pusat ini disebut titik nol kilometer. /join BandungDua kali ini akan mengupas secara sederhana mengenai titik nol kilometer kota Bandung.

Lokasi titik nol kilometer kota Bandung terletak di jalan Asia Afika, yang merupakan jalan bersejarah bagi perkembangan kota bandung, tepatnya di depan Kantor Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. Lalu, kenapa titik tersebut dijadikan titik nol kilometer kota Bandung?


Dari catatan sejarah, sekitar awal tahun 1800 pembanguan “jalan raya pos” yang diprakarsai Daendels telah mencapai wilayah priangan. Daendels terkenal kekejamannya, namun punya jasa dalam berdirinya kota Bandung. Jalan yang dibangun tersebut merupakan jalan perlintasan untuk mengangkut hasil bumi.

Pada hari peresmian, Daendels bersama Wiranatakusumah II yang saat itu sebagai Bupati Bandung berjalan di sepanjang jalan raya pos. Kemudian, di satu titik Daendels berhenti lalu menancapkan tongkat sambil berkata “… jika aku ke sini, daerah ini harus menjadi sebuah kota…”.

Waktu itu, kawasan bandung belum berkembang seperti Batavia dan Cirebon, bahkan masih banyak ditemukan rawa.

Pada tugu nol kilometer terdapat tanda CLN 18 dan PDL 18, artinya titik nol berjarak 18 Km ke arah timur, yakni Cileunyi, dan 18 Km ke arah barat, yakni padalarang. Nah, kini sudah tahukan titik nol kilometer kota Bandung.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BandungDua - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger